Latihan Kepengurusan OSIS (LKO) 2019

Setiap tahun, OSIS SMA Negeri 3 Bandung selalu mengadakan Latihan Kepengurusan OSIS (LKO). LKO merupakan sebuah kaderisasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai kepengurusan OSIS. Berbeda dengan LKO pada umumnya, acara ini merupakan sebuah rangkaian yang diadakan selama beberapa hari dalam jangka waktu tertentu. LKO 2019 sendiri digelar selama total 6 hari dari bulan November hingga Desember.

Tujuan dari LKO 2019 adalah mendidik sasaran agar memiliki pengetahuan mengenai kepengurusan OSIS. Maka dari itu, dalam rangkaian acara,  peserta dibekali berbagai ilmu mengenai kepengurusan sehingga dapat mencetak bibit-bibit baru yang unggul dan kompeten dalam berorganisasi. Adapun peserta LKO 2019 yaitu siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 3 Bandung angkatan 2022 yang mendaftar. Tahun ini terhitung ada sekitar 60 peserta yang mengikuti LKO 2019.

Peserta LKO dan OSIS LXVII

Sesuai dengan tujuan dari LKO 2019, setiap mata acara dikemas dengan menarik dan sedemikian rupa agar nantinya para peserta bisa menjadi bibit-bibit berkualitas dalam hal berorganisasi. Materi-materi yang disampaikan adalah materi seputar pengembangan diri dan organisasi, seperti teamwork dan team building, skala prioritas, problem solving, decision making, hingga materi mengenai Garis Besar Program Kerja OSIS (GBPKO). Tentunya materi tersebut juga disajikan oleh orang-orang yang mumpuni dalam bidangnya, yaitu para alumni OSIS SMA Negeri 3 Bandung. Selain materi, ada juga beberapa game yang selain menghibur tapi juga mengedukasi. Pasalnya, semua game di LKO 2019 memiliki makna tersendiri dan berkaitan dengan materi-materi yang disampaikan oleh alumni.

Materi oleh alumni

Tidak hanya diberikan materi sebagai bekal mengembangkan softskill berorganisasi, para peserta LKO 2019 juga dikenalkan dengan seluk beluk OSIS SMA Negeri 3 Bandung. Peserta diajarkan bagaimana caranya membuat program kerja, diberitahu korelasi antara OSIS dan PK, hingga mengenal setiap seksi yang ada di kepengurusan OSIS SMA Negeri 3 Bandung.

Peserta LKO sedang berbaris di koridor

0 Komentar