TechnoFest X Workshop: Technopreneur Day 2020

Pandemi yang kian mengganas tidak hanya mengancam kesehatan, namun juga perekonomian di setiap negara. Dalam jangka waktu yang masih belum bisa dipastikan hingga semuanya dapat kembali normal, kondisi ini memaksa banyak orang untuk beradaptasi dengan berbagai perubahan.

Kegitan yang serba di rumahkan membuat kita memiliki waktu luang untuk mencoba hal baru, seperti membangun usaha. Di tengah banyak usaha yang hancur saat pandemi ini, banyak orang yang mencoba membangun usaha baru yang lebih kreatif dan mampu beradaptasi dengan keadaan. 

Pandemi COVID-19 ini juga memaksa setiap orang untuk memahami teknologi, karena sebagian besar kegiatan harus menggunaikan media daring. Menyadari hal tersebut, OSIS SMA Negeri 3 Bandung mengadakan sebuah program kerja "Technopreneur Day 2020" 



Technopreneur diambil dari kata 'technology' dan 'enterpreneur'. Kegitan ini merupakan program kerja gabungan Seksi 6 dan Seksi 9 OSIS LXVII SMA Negeri 3 Bandung. Technopreneur Day 2020 terdiri dari 3 kegiatan yaitu Workshop "La Creation", Mercado Tres dan Technofest. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15 September-3 Oktober 2020.

Workshop “La Creation “

La Creation merupakan workshop yang mejelaskan cara-cara untuk memulai usaha, strategi pemasaran  dan teknologi sebagia saran untuk mengaplikasikanya. Kata “La Creation” sendiri diambil dari Bahasa Spanyol yang artinya menciptakan atau dalam bahasa bisnis bisa disebut startup.

 

CV Edward Nelson Jusuf CEO Opsigo

Pada workshop kali ini OSIS SMA Negeri 3 Bandung menghadirkan 2 narasumber yakni, Ismar Ramadhan dan Edward Nelson Jusuf yang merupakan CEO Opsigo. Workshop ini dibagi mejadi 2 sesi. Sesi pertama, menjelaskan tips dan trik strategi pemasaran. Kedua, mejelaskan tentang teknik membangun usaha dan teknologi.

Workshop sesi 1

workshop teknik pemasaran

Mengingat kita masih dalam pandemi COVID-19 acara ini di selengarakan secara daring melalui media zoom meeting. Acara ini merupakan pembekalan untuk siswa/siswi kelas X untuk selanjutnya akan membuat bisnis nya sendiri.

workshop melalui media zoom meeting

Mercado Tress

Mercado Tres merupakan tindak lanjut dari workshop 'La Creation'. Mecado Tress sendiri meiliki arti pasar tiga yang juga diambil dari Bahasa Spanyol. Dalam Mercado Tress ini setiap kelas diharuskan untuk mengaplikasikan materi yang telah disampaikan dalam workshop. Siswa/siswi diharuskan merancang dan menjual suatu produk.

produk X MIPA 1

produk X MIPA 3

Kegitan tersebut berlangsung selama 2 pekan dari tanggal 20 September - 3 Oktober 2020. Dalam kurun waktu 2 pekan tersebut setiap kelas diharuskan menjual produk minimal 100 produk. Proses pemasaran produk tersebut melalui media sosial seperti Instagram, Fecebook, Twitter, web, dan media sosial lainnya.

Dengan diadakan acara ini diharapkan siswa/siswi dapat menjadikan ini peluang untuk berwirausaha kreatif.

Technofest

Technofest terdiri dari 3 perlombaan yaitu, lomba Mobile Legends,PUBG, dan  fotografi. Mobile Legends dan PUBG merupakan lomba yang di dapat dari hasil voting di instagram Technopreneur Day 2020. Terdapat 8 game yang dimasukan dalam voting tesebut, lalu didapatkan 2 game yang dilombakan di acara puncak. Kegitan ini diikuti oleh siswa/siswi kelas X dan XI SMA Negeri 3 Bandung.

hasil perlombaan PUBG

hasil perlombaan Mobile Legends


Selain lomba game online terdapat lomba fotografi yang dipublikasikan di instagram @technopreneurday
Juara 1 lomba fotografi


Juara 2 lomba fotografi

Juara 3 lomba fotografi

Informasi dan pranala yang berkaitan dengan Technopreneur Day 2020 dapat diakses di technopreneurday.osissman3bdg.org.
 
 

0 Komentar